5 Manfaat Air Kelapa Untuk Pengobatan

Air kelapa tidak hanya manis dan menyegarkan. Tapi secara klinis juga terbukti baik untuk mendukung kesehatan manusia. Bahkan bermanfaat juga dalam pengobatan sejumlah penyakit. Mendapatkannya juga tidak terlalu sulit dan harganya sangat terjangkau. Apa saja manfaat air kelapa untuk pengobatan?

Memecah Batu Ginjal Dan Mengeluarkannya

Sebuah penelitian sudah membuktikan kehebatan air kelapa dalam memecah batu ginjal dan membuangnya dari dalam tubuh. Fungsi diuretik ini tentunya menjadi kabar gembira bagi penderita penyakit batu ginjal ini. Sayangnya fungsi tersebut akan bekerja lebih ampuh saat ukuran batu ginjal masih kecil. Karena kalau ukurannya sudah melebihi ukuran saluran kencing, maka air kelapa tersebut tidak efektif lagi dalam menghancurkan batu ginjal tersebut.

Menetralkan Racun

Zat antidotum terkandung di dalam air kelapa, sehingga bisa membantu dalam menetralkan racun di dalam tubuh. Air kelapa ini bisa membentuk dalam mengeluarkan racun, asalkan masih berada di dalam lambung. Karena kalau racun itu sudah mencemari darah, peranan dalam menetralisir racun kurang bekerja secara optimal. Air kelapa hanya bisa membantu dalam mengencerkannya saja, dengan begitu dapat dikeluarkan melalui organ ginjal. Kalau racun masih di dalam lambung, bisa meminumnya dan kemudian memuntahkannya lagi. Tujuannya untuk membilas ginjal agar racun tersebut tidak merusak ginjal dan meracuni darah.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Protein adalah salah satu zat pembentuk sistem kekebalan tubuh. Kalau kadar protein di dalam tubuh rendah, maka sistem imun juga lemah. Di dalam air kelapa juga terkandung asam laurat yang merupakan zat antijamur, antivirus dan antibakteri. Dalam kadar kecil, air kelapa ini juga memiliki kandungan arginin dan glutamin yang secara ampuh dalam melawan virus. Berbagai kandungan ini yang membantu tubuh memiliki daya tahan yang lebih kuat. Sehingga seseorang yang sistem imunnya kuat, tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Pencegahan Dehidrasi

Tubuh yang kekurangan cairan akan mengalami dehidrasi yang dapat mengakibatkan kondisi fatal. Saat seseorang mengalami dehidrasi, konsumsi air putih saja tidak mencukupi. Termasuk saat Anda berolahraga dengan mengeluarkan keringat sangat banyak. Dalam kondisi ini tubuh memerlukan elektrolit. Air kelapa memiliki kadar elektrolit sangat tinggi, sehingga menjadi elektrolit alami yang sangat membantu dalam mengatasi kondisi dehidrasi.

Mengatasi Demam Berdarah

Air kelapa terbukti efektif dan aman diandalkan dalam menurunkan demam tinggi dan juga meningkatkan kadar trombosit bagi penderita demam berdarah. Penyakit demam berdarah akan lebih mudah menyerang seseorang yang sistem kekebalan tubuhnya  lemah. Penderita penyakit ini harus mendapatkan asupan cairan tubuh yang mencukupi. Cairan bisa berasal dari minuman seperti air kelapa dan juga infus.

Masih banyak lagi manfaat dari air kelapa bagi kesehatan dan pengobatan. Diantaranya bisa mengurangi efek buruk dari minuman beralkohol, memiliki manfaat mirip susu sapi, membuta tubuh bayi lebih bersih saat terlahir dan lain sebagainya.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment