Gejala Dan Pengobatan Penyakit Jantung

Jantung berperan penting dalam memompa darah untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Gangguan atas organ vital ini menjadikan kinerjanya tidak optimal. Sehingga kesehatan penderitanya akan menurun dan bisa mengakibatkan kematian. Pengobatan penyakit jantung harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Sehingga jantung bisa berfungsi optimal kembali. Apa saja gejala dan cara penyembuhan penyakit jantung?

Gejala Serangan Penyakit Jantung

Sejumlah gejala yang dirasakan bisa menjadi pertanda seseorang mengalami serangan jantung. Kalau  Anda juga merasakan gejala yang sama, ada baiknya segera memeriksakan diri kepada dokter. Sehingga bisa mendapatkan penanganan dengan tepat dan cepat. Sehingga penyakit ini tidak terlajur meluas dan sulit diobati. Apa saja gejala serangan penyakit jantung?
-          Rasa nyeri. Kondisi ini terjadi karena otot tidak memperoleh pasokan darah yang mencukupi. Rasa nyeri dada sebelah kiri yang hebat seringkali dirasakan. Kemungkinan besar inilah pertanda serangan penyakit jantung.
-          Sesak nafas. Keadaan ini terjadi dikarenakan terdapat cairan yang memasuki rongga udara yang berada di paru-paru.
-          Rasa lelah berlebihan. Kelelahan bisa terjadi disebabkan jantung tidak bisa bekerja secara optimal dalam memompa darah.
-          Jantung berdebar-debar. Kalau denyut jantung tidak normal, maka kemungkinan besar merupakan gejala awal serangan penyakit jantung.
-          Rasa pusing dan mudah pingsan. Pasokan darah yang menurun, karena jantung tidak bisa memompa darah dengan baik, maka memudahkan seseorang mengalami pusing dan kemudian mudah pingsan. Karena areal kepala tidak mendapatkan pasokan darah yang mencukupi.

Proses Penyembuhan Penyakit Jantung

Dalam kondisi parah bisa saja penderita harus menjalani transplantasi jantung dengan biaya yang sangat besar. Selain itu penderita juga bisa mengkonsumsi obat-obatan herbal yang memang diformulasi khusus untuk memperbaiki kinerja jantung, sehingga penyakit jantung bisa disembuhkan. Selain mengkonsumsi obat-obatan, sebaiknya juga menjalankan pola hidup yang lebih sehat.

Kebiasaan atau gaya hidup sehat harus diterapkan, seperti berhenti merokok, tidak mengkonsumsi minuman keras,  tidak suka begadang dan melakukan olahraga dengan teratur. Sangat penting juga untuk selalu menerapkan pola makan sehat. Penderita harus menghindari asupan makanan tinggi lemak dan kolesterol  jahat. Karena bisa menjadi zat yang menempel di pembuluh darah dan mengakibatkan penyumbatan. Dengan begitu akan membuat aliran darah tidak lancar.

Selain lemak dan kolesterol  jahat, sangat penting juga untuk mengkonsumsi karbohidrat sesuai kebutuhan tubuh. Karena kalau pasokan karbohidrat ke dalam tubuh berlebihan, maka bisa mengakibatkan seseorang mengalami kegemukan. Obesitas ini akan memicu serangan berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung. Selain itu, penting juga memangkas asupan gula. Karena timbunan gula di dalam tubuh tidak hanya mengakibatkan serangan penyakit diabetes saja. Tapi juga bisa memicu komplikasi penyakit jantung.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment