Cara Obati Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dipicu oleh meningkatnya tekanan darah di pembuluh darah yang berlangsung lama. Tekanan darah yang melonjak ini bisa dikarenakan penyempitan pada pembuluh darah. Sehingga terjadi penumpukan lemak dan beragam zat berbahaya lainnya. Pemeriksaan intensif dan obati tekanan darah tinggi secara alami harus segera diterapkan. Apa saja obat alami yang bisa menstabilkan tekanan darah?

Pengobatan Alami Tekanan Darah Tinggi

Mengatasi tekanan darah tinggi tidak harus mengandalkan obat-obatan kimia. Karena hanya bersifat meredakan saja, sehingga permasalahan tidak bisa secara tuntas teratasi. Selain itu, juga bisa menimbulkan berbagai efek samping negatif. Berbagai obat alami atau herbal bisa menjadi pilihan tepat dalam mengatasi hipertensi. Apa saja bahan alami yang bisa diandalkan dan terbukti efektif?

-          Buah Dan Sayuran Tinggi Serat

Sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang kaya kandungan serat setiap hari. Jenis buah yang kaya serat ini, seperti pisang, apel dan jeruk. Selain buah, sejumlah sayuran hijau juga sangat direkomendasikan bagi penderita hipertensi. Sayuran ini seperti buncis, kacang panjang, brokoli dan bayam. Beragam jenis sayuran tersebut sangat membantu dalam fase pemulihan kondisi tekanan darah tinggi.

-          Suplemen Kalium Atau Potasium

Sejumlah buah dan sayuran memiliki kandungan potasium yang sangat tinggi dan bermanfaat dalam menormalkan tekanan darah. Buah-buahan ini, seperti buah melon dan alpukat. Sedangkan jenis sayuran yang kaya potasium adalah bawang putih, seledri, lidah buaya, mentimun, labu parang, labu siam dan pare. Anda bisa memakannya langsung atau memasaknya secara menyehatkan.

-          Makanan Kaya Omega 3

Senyawa omega 3 juga terbukti bisa menstabilkan tekanan darah, termasuk dalam mengatasi keluhan hipertensi. Makanan kaya omega 3 ini akan dipadukan dengan beberapa obat diuretik, seperti lasix atau tablet hydrochlorothiazide. Jenis obat ini termasuk dalam kategori obat hipertensi yang berfungsi dalam merangsang keluarnya cairan tubuh melalui urin.

Ubah Pola Makan Menjadi Lebih Sehat

Mengontrol asupan makanan sangat penting. Karena makanan dan minuman tidak sehat berpotensi besar dalam memicu serangan tekanan darah tinggi. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayuran segar yang kaya gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Penting juga untuk mengurangi asupan garam, makanan ringan dengan rasa asin, saus tomat, keju dan daging berlemak tinggi. Minuman tinggi gula, minuman beralkohol dan minuman bersoda sangat penting untuk dihindari. Lebih baik meningkatkan asupan air putih yang terbukti sangat menyehatkan.

Untuk mengontrol tekanan darah, sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan secara teratur. Tensimeter atau shpigmomanometer adalah alat yang akan diterapkan dalam pemeriksaannya. Kalau hipertensi tidak mendapatkan penanganan cepat dan tepat, maka akan berkembang menjadi komplikasi penyakit. Tekanan darah tinggi ini akan memicu serangan gagal ginjal dan jantung koroner.



Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment