Ini Cara Mengatasi Masalah Diabetes Yang Efektif

Diabetes melitus atau kencing manis masih menjadi salah satu penyakit mematikan di dunia, termasuk di Indonesia. Jumlah penderitanya semakin mengalami lonjakan setiap tahunnya. Kondisi ini harus diwaspadai, tapi bagi yang telah terlanjur mengidap penyakit ini, karena faktor keturunan atau karena pola hidup yang tidak sehat harus  segera menerapkan cara terbaik dalam pengobatannya. Ini cara mengatasi masalah diabetes yang banyak disarankan pakar kesehatan.

Konsumsi Obat Herbal

Metode pengobatan dengan obat kimiawi, cenderung tidak tuntas dan bisa memicu efek samping negatif. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi obat herbal yang telah terbukti ampuh dalam mengatasi penyakit gula tersebut. Saat ini memang banyak sekali produk herbal yang mengklaim paling hebat dalam mengatasi diabetes. Untuk pemilihan yang tepat adalah dengan memperhatikan kandungan, khasiat, legalitas dari BPOM dan penting juga untuk berkonsultasi dengan dokter untuk pilihan obat herbal yang terbaik.

Jalani Hidup Sehat

Jangan hanya mengandalkan produk herbal saja dalam mengatasi diabetes. Penderita diabetes juga harus menjalani pola hidup yang lebih sehat. Mulailah dengan mengkonsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayuran. Menu makanan ini harus ada setiap harinya dengan berganti-ganti jenisnya, agar tidak merasa bosan. Hindari makanan tinggi lemak dan gula. Karena kedua zat ini sangat ampuh dalam memicu serangan diabetes. Makanan adalah penyebab terbesar seseorang menderita penyakit gula, maka harus pandai  memilah makanan yang akan dikonsumsi.

Selain makanan, sejumlah kebiasaan sehat juga harus dilakukan. Kebiasaan merokok, begadang dan konsumsi minuman beralkohol harus ditinggalkan. Karena merugikan kesehatan secara keseluruhan, tidak hanya diabetes saja yang bisa menyerang. Tapi juga penyakit lainnya, seperti serangan jantung, stroke dan penyakit mengerikan lainnya.

Kebiasaan baik seperti berolahraga dan menghindari kondisi stres sangat baik dilakukan secara berkelanjutan. Olahraga akan membantu dalam membakar timbunan gula atau glukosa berlebihan di dalam tubuh. Sehingga tubuh akan merasa lebih segar dan bugar. Sedangkan pikiran yang terhindar dari stres akan membuat kualitas hidup lebih baik dan tidak rentan terserang berbagai penyakit.

Mengecek Kadar Gula Darah Dengan Rutin

Pengecekan kadar gula darah sebaiknya dilakukan secara rutin, bagi yang telah menderitanya atau yang berpeluang besar mengidapnya karena faktor keturunan. Bagi yang memiliki risiko keturunan, harus waspada karena potensi serangan penyakit ini bisa  tiga kali lebih besar, daripada yang anggota keluarganya tidak memiliki riwayat penyakit diabetes.


Pengecekan gula darah sebaiknya dilakukan di klinik atau rumah sakit, sebaiknya menghindari pemeriksaan di apotek. Kecuali sudah yakin benar dengan kualitas tenaga yang melakukan pengecekan tersebut. Karena tidak semua alat pengecekan di apotek memberikan hasil yang akurat. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter, agar kondisi penderita bisa terpantau dengan baik.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment