Tuberkulosis pada Anak

Penyakit tuberkulosis (TB) yaitu penyakit yang dikarenakan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Beberapa besar bakteri TB menyerang paru, namun bisa pula tentang organ badan yang lain.

Baik tuberkulosis pada anak ataupun orang dewasa dikarenakan oleh bakteri yang sama. Tetapi, lantaran tanda-tanda serta mekanisme TB pada keduanya tidak sama, jadi butuh perlakuan spesial untuk TB pada anak.

Tidak sama dengan TB pada dewasa, TB pada anak tak menular. Bakteri TB pada anak berkembang didalam kelenjar paru atau tak terbuka. Pada orang dewasa, bakteri berkembang didalam paru-paru. Bakteri lantas bikin lubang untuk keluar lewat saluran nafas hingga bisa menebar ke orang lain, termasuk juga anak-anak.

Tanda-tanda TB anak
Tidak sama dengan TB pada orang dewasa, tanda-tanda TB pada anak tak khas serta bisa dikarenakan oleh penyakit lain. Gejala-gejala TB anak diantaranya yaitu :

-Demam kian lebih dua minggu
-Batuk kian lebih tiga minggu
-Anak lesu serta tak seaktif biasanya
-Nafsu makan menurun
-Berat tubuh tak naik sepanjang dua bulan
-Tonjolan yang teraba di leher, yang disebut pembesaran kelenjar limfa.
-Beberapa gejala diatas bukan sekedar dikarenakan oleh TB serta tak seluruhnya tanda-tanda  senantiasa ada dengan terang.

Diagnosis
Diagnosis TB pada anak tidak sama dengan pada orang dewasa. Diagnosis TB dewasa lebih gampang karena ada kontrol baku emasnya (gold standard) yang obyektif yakni temukan bakteri TB pada kontrol dahak (Bakteri Tahan Asam/BTA positif pada sputum). Tetapi pada anak, kontrol dahak tak akurat lantaran kerap memberi hasil negatif palsu (false negative). TB anak tidak sering dibarengi dengan batuk berdahak hingga bakteri TB dalam dahak anak terlampau sedikit.

Kontrol penunjang paling utama TB anak yaitu :

*Tes tuberkulin (mantoux). Tes mantoux yaitu tes kulit yang dikerjakan dengan menyuntikkan  ekstrak basil tuberkulosis dengan cara intradermal (ke kulit) serta di check 2 hingga 3 hari lalu. Anak  yang pada awal mulanya sudah terinfeksi bakteri bakal menghadirkan tanggapan kekebalan di daerah  kulit yang memiliki kandungan protein bakteri. Hasil positif (ruang mengeras menonjol) tunjukkan  infeksi TB.

*Rontgen dada. Rontgen dada dikerjakan untuk menilainya ada kelainan pada paru. Kontrol rontgen  dada bisa menolong diagnosis namun tidak bisa dipakai juga sebagai hanya satu alat diagnosis.
 Kontrol penunjang medis lain seperti laju endap darah, limfositosis, serta serologi mungkin saja juga  dibutuhkan dalam kasus-kasus yang menyangsikan.

Diagnosis TB anak memanglah tak semudah diagnosis TB dewasa. Walau sebenarnya, kekeliruan diagnosis bakal mengakibatkan kerugian yang banyak lantaran penyembuhan TB memerlukan saat 6 hingga 12 bln.. Makin banyak kontrol yang dikerjakan serta tunjukkan hasil positif, makin kemungkinan kecil terjadinya kekeliruan diagnosis.

Penyembuhan
Penyembuhan untuk TB anak sama juga dengan untuk TB dewasa, cuma dosis serta pemberiannya yang tidak sama. Lima obat anti TB (OAT) lini pertama yaitu : Isoniazid, Rifampicin, Pyrazinamide, Ethambutol serta Streptomicin. Obat-obatan itu dipakai pada anak dengan penyakit TB aktif yang belum pernah memperoleh penyembuhan TB pada awal mulanya. Seluruhnya obat TB lain yaitu obat “lini kedua” atau obat TB cadangan yang dipakai apabila sudah berlangsung resistensi obat.

Untuk pasien TB anak baru, World Health Organisation (WHO) mereferensikan penyembuhan TB sepanjang 6 bln., yang terbagi dalam dua bln. penyembuhan intensif dengan Isoniazid plus Rifampisin serta Pyrazinamide, lantas diikuti dengan empat bln. penyembuhan kelanjutan berbentuk gabungan Isoniazid plus Rifampicin.

Pasien mesti merampungkan dosis seluruhnya obat itu dengan cara komplit. Apabila cuma salah satu obat yang di ambil atau putus obat di dalam jalan jadi pasien bakal selekasnya jadi resisten obat serta penyembuhan setelah itu jadi susah serta mahal.

Pencegahan
TB anak paling efisien dihindari dengan vaksinasi BCG. Vaksin itu di buat dari Mycobacterium bovis yang dilemahkan dengan dikulturkan.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment