Inilah 7 Makanan Alami Penurun Kolesterol

Kolesterol biasanya identik dengan makanan tidak sehat atau penyebab obesitas. Kolesterol sebenarnya salah satu jenis lemak tubuh yang juga dinamakan lipid. Sering dianggap sebagai penyebab kegemukan, sebenarnya kolesterol juga memiliki fungsi penting bagi tubuh. Sayangnya ada kolesterol jahat yang kalau kadarnya berlebihan akan mengusir kolesterol baik. Sehingga terjadi keluhan kesehatan tertentu. Agar zat jahat ini bisa ditekan kadarnya, 7 makanan alami penurun kolesterol sangat disarankan untuk dikonsumsi.

Fungsi Kolesterol Bagi Tubuh

Meskipun sering dijauhi, kolesterol memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Beberapa fungsinya adalah pembentuk asam empedu di usus, membentuk vitamin D, perlindungan terhadap kulit dari racun dan permasalahan kulit kering, serta penyusun struktur pada membran sel. Sayangnya kalau kolesterol jahat meningkat, sejumlah penyakit bisa menyerang, seperti alzheimer, stroke, serangan jantung, gagal ginjal, gangguan ereksi dan keluhan kesehatan lainnya.

Makanan Alami Penurun Kolesterol

Agar kadar kolesterol jahat di dalam tubuh bisa segera dikurangi, maka sangat penting untuk menjalani pola hidup sehat. Salah satunya dengan mengkonsumsi sejumlah makanan berikut ini, karena terbukti ampuh bisa menurunkan kadar kolesterol berlebihan di dalam tubuh.
-          Alpukat. Buah ini dikenal mengandung tinggi kolestrol baik, sehingga dengan mengkonsumsinya akan memberikan pasokan kekurangan zat tersebut di dalam tubuh. Alpukat bisa dikonsumsi langsung atau membuatnya menjadi minuman jus. Tapi perlu diingat jangan menggunakan penambahan gula atau pemanis lainnya.
-          Tomat.  Buah ini sangat menyegarkan dikonsumsi langsung atau dibuat dalam bentuk minuman jus. Buah ini terbukti hebat dalam menekan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Untuk hasil maksimal, sangat disarankan untuk mengkonsumsinya dua gelas jus setiap harinya.
-          Anggur. Buah manis dan asam ini bisa meningkatkan kadar dari kolesterol, baik di dalam tubuh. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi minuman jus anggur dua gelas setiap hari untuk memenuhi kebutuhan kolesterol baik.
-          Delima. Buah ini juga mampu mengurangi timbunan kolestrol jahat di dalam tubuh. Selain itu, juga memiliki fungsi ampuh dalam mengurangi timbunan plak karena kolestrol. Buah ini juga bisa meningkatkan produksi dari oksida nitrat yang bisa membantu dalam menghilangkan plak yang melekat pada dinding arteri.
-          Kacang-kacangan. Jenis makanan ini adalah edamame, almond, kenari dan kacang tanah. Makanan ini mengandung antioksidan dan lemak omega 3 yang terbukti sangat baik dalam menekan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.
-          Tempe dan tahu.  Aneka olahan kacang kedelai ini terbukti sangat bagus dimanfaatkan dalam menekan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Makanan ini juga kaya unsur protein yang sangat baik dalam memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

-          Bawang putih. Bumbu masak ini bisa menekan kadar kolesterol jahat. Dianjurkan untuk mengkonsumsinya langsung satu siung setiap harinya.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment