Manfaat Alang-Alang bagi Kesehatan


Alang-alang yaitu type rumput yang hidup bebas di alam, umumnya tumbuh di daerah perbukitan serta memiliki tanda-tanda berdaun panjang serta tajam. Dalam bhs latin dimaksud dengan Imperata cylindrica. Alang alang umumnya jadi tanaman pengganggu atau gulma pada tempat pertanian.

Meskipun kerap dikira juga sebagai tanaman musuh untuk petani, namun alang-alang memiliki segudang faedah untuk kesehatan badan, tersebut penyebab banyak digunakan dalam penyembuhan tradisional. Ada sangatlah banyak penyakit yang dapat sembuh dengan memakai alang-alang salah satunya yaitu : asma, diare, hipertensi disebabkan sakit ginjal, kencing batu, keputihan, memperlancar air seni, mimisan, hepatitis, prostat serta radang paru-paru.

Faedah Alang-Alang untuk Kesehatan 

1. Menyembuhkan asma 
Alang-alang nyatanya memiliki faedah untuk menyembuhkan penyakit asma. Langkahnya yakni 100 gr akar alang-alang, 25 gr kencur, 25 gr daun sirih, setelah itu rebus ramuan ini dengan 1 liter air sampai airnya tinggal 1/2. Lalu disaring serta masukkan satu sendok teh madu serta satu sendok teh air jeruk nipis. Air ini diminum sekalian saat sebelum tidur malam.

2. Menyembuhkan diare 
Faedah alang-alang untuk menyembuhkan diare yaitu dengan memakai akarnya. Ambillah 250 gr akar alang-alang, lalu rebus dengan air sejumlah 2 gelas, rebus sampai 15 menit. Lalu minum selekasnya sesudah anda buang air besar.

3. Menyembuhkan hipertensi disebabkan ginjal 
Siapkan 200 gr akar alang-alang, sipakan juga tangkue (manisan di buat dari labu putih), rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal 1/2, dinginkan, saring, serta minum 2 kali dalam satu hari.

4. Menyembuhkan kencing batu
Faedah alang-alang untuk menyembuhkan kencing batu yaitu dengan mengambil 100 gr akar alang-alang, 1/2 genggam daun meniran, 1/2 genggam daun kumis kucing, rebus denga 5 gelas air hingga airnya tinggal 1/2, lalu dinginkan, saring. Minum 3 kali satu hari semasing 1 gelas hingga batu keluar.

5. Obat Keputihan 
Untuk menangani keputihan anda dapat pula memakai alang-alang. Ambillah 500 gr akar alang-alang, 2 tangkai daun pepaya, 5 gr pulasari, rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1/2, saring, untuk diminum 2 kali satu hari.

6. Memperlancar Air Seni 
Ambillah 250 gr akar alang-alang, gula batu di rebus dengan 3 gelas air sepanjang 10 menit, dinginkan, saring. Minum 3 kali satu hari, semasing 1 gelas.

7. Obat Mimisan serta hepatitis 
Faedah alang-alang untuk menyembuhkan hepatitis serta mimisan yaitu dengan mempersiapkan 200 gr akar alang-alang yang dicuci, rebus dengan 6 gelas air hingga airnya tinggal 2 gelas, dinginkan, saring serta diminum 3 kali satu hari.

Tersebut sebagian faedah alang alang untuk kesehatan badan. Disamping faedah diatas, alang alang berguna juga untuk menyembuhkan radang paru-paru. Langkahnya yakni dengan mencampurkan 500 gr akar alang-alang, 5 helai daun sembung, 10 kuntum bunga melati kering, garam, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1/2, lalu saring. Minum ramuan ini 2 kali dalam satu hari.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment