Atasi Keputihan Saat Hamil


Keputihan (fluor albus) yaitu sistem keluarnya cairan vagina yang abnormal. Keputihan kerap berlangsung pada kehamilan lantaran ada pergantian hormonal serta aliran darah di daerah rahim dan vagina, yang menyebabkan penambahan sistem sekresi vagina. Pergantian hormonal ini dapat juga merubah keseimbangan keasaman vagina, hingga mengakibatkan timbulnya jamur yang mencetus iritasi.

Biasanya, sekresi vagina normal tak dibarengi rasa gatal. Sedang keputihan yang terinfeksi dibarengi rasa gatal, panas, nyeri serta kemerahan, bahkan juga bisa dibarengi rasa sakit waktu buang air kecil. Keputihan bakal tingkatkan resiko pecahnya selaput ketuban, hingga berlangsung persalinan prematur. Diluar itu, keputihan yg tidak terselesaikan bisa menular pada bayi waktu persalinan serta bisa menular kembali pada ibu waktu menyusui hingga berlangsung mastitis (peradangan puting susu serta payudara).

Untuk kurangi keputihan waktu hamil :

1. Jauhi penggunaan air asal-asalan untuk membersihkan vagina, terlebih di toilet umum.
2. Jauhi kenakan celana ketat serta panty liner yang punya potensi bikin vagina lembab. Selekasnya ubah celana dalam apabila merasa lembab.
3. Jauhi pemakaian pembersih/sabun vagina.
4. Jagalah kebersihan daerah genital.
5. Selekasnya periksa ke dokter kandungan serta pakai obat yang diresepkan. Obat keputihan oral ada di market, tanyakan pada dokter Anda.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment