Mengatasi Nyeri Perut Saat Haid/ Menstruasi



Obat menangani menyingkirkan pemicu nyeri perut waktu menstruasi, serta payudara sakit ketika haid, terdapat banyak pilihan yang dapat dipakai.

Menurut dr. Dwiana Ocviyanti Sp. OG., beberapa hal yang dapat jadi pemicu nyeri waktu haid – menstruasi (dismenore). Pemicu umum yaitu keadaan fisiologis yang berlangsung pada wanita yang belum melahirkan, dimana leher rahimnya masih tetap sempit. Hingga, saat menstruasi, uterus mesti berkontraksi kuat untuk keluarkan darah menstruasi serta menyebabkan rasa sakit. Pemicu yang lain, mungkin lantaran ada tumor (mioma) atau kista yang dikarenakan oleh endometriosis.

Bila umur Anda telah meraih 25 th., baiknya kerjakan kontrol awal ke dokter kandungan. Tidak butuh takut, lantaran pada wanita yang belum menikah, dokter bakal lakukan kontrol pada perut dengan USG untuk lihat keadaan rahim serta indung telur


Untuk menangani menyingkirkan pemicu nyeri perut waktu menstruasi, serta payudara sakit ketika haid, saat sebelum memakai obat, dapat ikuti sebagian panduan di bawah ini.

1. Mengkonsumsi Minuman Hangat 
Salah satu langkah untuk menangani rasa nyeri haid yaitu dengan konsumsi minuman atau makanan hangat. Jika terasa nyeri yang tidak tertahankan, tangani dengan meminum air jahe hangat atau teh manis hangat. Diluar itu, sepanjang masa haid anda dapat memasukan sop hangat juga sebagai menu makan.

2. Kompres Perut 
Ketika nyeri atau kram menempa, selekasnya kompres perut anda dengan air hangat. Langkahnya, rendam handuk didalam air panas sepanjang sebagian menit, peras serta segera kompres pada perut.

3. Pijatan Minyak Kayu Putih
Senantiasa siapkan minyak kayu putih ketika haid. Saat mendadak nyeri haid datang, berikan minyak kayu putih ini ke perut sisi bawah. Lalu usap perut sisi bawahmu, serta pijat dengan lembut. Karenanya ada minyak kayu putih bakal berikan aroma menentramkan segaligus rasa hangat pada perut.

4. Kerjakan Berolahraga Ringan
Berolahraga enteng dapat anda kerjakan saat haid. Lakukan untuk jalan-jalan di sore hari atau sebatas senam enteng. Ini dapat bikin aliran darahmu jadi lancar, serta badan lebih fresh.

5. Konsumsi Makanan Sehat 
Anda mesti konsumsi makanan yang sehat, supaya kandungan protein serta vitamin di dalamnya dapat menolong pembentukan sel yang rusak serta menangani rasa nyeri. Beberpa makanan yang baik untuk di mengkonsumsi yakni :

 1. Susu mempunyai kandungan kalsium tinggi yang bisa membantu untuk kurangi nyeri saat haid. Terkecuali meminum susu, anda dapat juga konsumsi makanan yang datang dari susu, seperti yoghurt atau keju.

 2. Pisang memiliki kandungan vitamin B6 yang ber manfaat untuk kurangi nyeri ketika haid.
 3. Kacang-Kacangan seperti kacang, kuaci serta kacang mete memiliki kandungan banyak magnesium. Terkecuali menolong kurangi nyeri, mangnesium dapat juga melakukan perbaikan mood yang jelek, dan menolong kurangi penyimpanan cairan didalam badan.
 4. Sarden yaitu ikan yang mempunyai kandungan nutrisi yang sangatlah baik. Ada kandungan asam lemak Omega-3 dalam ikan yang populer kelezatannya ini, dapat kurangi kram saat haid. Sama dengan susu, daging sarden juga kaya kalsium yang bisa kurangi nyeri saat haid.
5. Nanas yaitu buah yang dapat menolong anda untuk menangani mood yang buruk, dan kurangi penumpukan air didalam badan.

6. Belajar Mengalihkan Perhatian dengan Self Hipnoterapi 
Ada satu langkah yang dapat anda gunakan, yakni dengan self hipnoterapi. Ini bagus untuk menolong mengalihkan rasa sakit dalam pikiranmu. Hipnoterpi telah sangatlah terpercaya ampuh untuk mengatasi permasalahan rasa sakit dengan mengalihkannya ke hal posistif, umpamanya dalam kehamilan serta kecanduan. Tidak ada kelirunya anda cobalah, dengan pelajari self hipnoterapi ini dari saat ini, lantaran dapat bermanfaat juga untuk hal-hal lain nanti.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment