Solusi Nyeri Punggung pada Kehamilan


Nyeri punggung, terutama nyeri punggung bawah adalah keluhan yang kerap berlangsung pada kehamilan. Hal semacam ini karena sebab pergantian badan sepanjang kehamilan bekerja sedemikian rupa hingga kemungkinan terjadinya nyeri punggung sangatlah besar. Perubahan-perubahan itu yaitu seperti berikut :

* Perut yang makin besar bikin pusat gravitasi badan berubah ke depan. Hal semacam ini lalu bakal mengakibatkan lengkung punggung Anda makin cembung ke depan, hingga sisi punggung bawah umumnya bakal terdorong ke depan.

* Pada kehamilan bisa berlangsung hal yang dikatakan sebagai diastasis, yakni keadaan di mana otot abdomen (perut) segi kiri serta segi kanan Anda terpisah lantaran ekspansi uterus (rahim). Hal semacam ini mengakibatkan kekurangan otot perut. Makin lemah otot perut, jadi makin keras otot punggung mesti bekerja untuk menjaga postur tegak.

* Bersamaan dengan umur kehamilan yang bertambah, ukuran perut bakal makin besar. Pada wanita dengan keluhan nyeri punggung, umur kehamilan yang jadi tambah cuma bakal bikin keluhan nyeri punggung makin riil.

Oleh karenanya, beberapa hal dibawah ini sangatlah utama dikerjakan. Makin cepat beberapa tips ini dikerjakan jadi makin baik dampaknya dalam mencegah keluhan nyeri punggung sepanjang kehamilan.

1. Jagalah kenaikan berat tubuh Anda sepanjang kehamilan. Berat tubuh yang berlebihan cuma bakal menaikkan stress pada otot punggung Anda.

2. Kerjakan berolahraga untuk memperkuat otot perut Anda. Tak pernah terlambat untuk mengawali berolahraga dalam kehamilan, tentu dengan catatan berolahraga yang dikerjakan sesuai sama keadaan serta maksud yang mau diraih. Misal gerakan yang bisa dikerjakan untuk melatih kemampuan otot perut : knee lift (mengangkat lutut Anda dengan cara bertukaran sembari duduk), crunch sembari duduk (gerakan mengkontraksikan otot perut atau menarik pusar ke arah dalam serta ke arah luar sembari duduk), duck squat (bergerak ke posisi jongkok dari posisi berdiri).

3. Taruh rapi sepatu hak tinggi Anda. Selekasnya sesudah Anda mulai rasakan bahwa perut Anda makin jadi membesar, hindarilah pemakaian sepatu hak tinggi sampai bayi Anda lahir. Hak yang tinggi bakal bikin punggung Anda makin melengkung ke depan serta bakal jadi parah keluhan nyeri punggung Anda. Pastikan sepatu datar (flats) yang nyaman digunakan.

4. Duduk dengan benar. Posisi duduk mengakibatkan stres atau peregangan otot punggung yang besar, terutama jika Anda duduk di kursi tanpa ada sandaran punggung yg tidak sediakan dukungan. Hindarilah kursi-kursi sejenis ini serta sebisa-bisanya senantiasa pakai kursi dengan sandaran yang tegak. Waktu Anda duduk, jauhi posisi menyilangkan satu kaki diatas kaki yang lain. Duduklah dengan ke-2 kaki menyentuh lantai serta sesekali berdiri untuk hindari posisi duduk yang dipertahankan berjam-jam.

5. Lakukan postur yang baik. Tarik pantat Anda sedikit ke arah depan untuk meletakkan tulang panggul Anda ke posisi wajarnya yang lalu bakal kurangi derajat kelengkungan pada tulang punggung Anda. Posisikan kepala Anda sejajar dengan badan Anda (pikirkan ada benang yang menarik kepala Anda ke arah langit-langit) serta jagalah agar bahu Anda tak jatuh dalam posisi merunduk.

6. Angkat barang dengan benar. Barang seringan apa pun mesti terus Anda angkat lewat cara yang benar. Posisi tubuh Anda mesti sedemikian rupa hingga lutut menekuk, punggung relaks, dekatkan barang ke batang badan Anda, angkat dengan kemampuan tangan Anda serta bukanlah kemampuan punggung Anda. Yakinkan Anda terus bernapas sepanjang mengangkat barang itu.

7. Jauhi posisi berdiri yang terlampau lama. Selingi saat berdiri Anda dengan duduk sebentar sepanjang 5-10 menit untuk kurangi beban pada tulang punggung Anda.

8. Kompres hangat. Handuk hangat atau kantong air hangat yang ditempelkan pada punggung bawah Anda atau berendam di air hangat bisa memberi pertolongan dalam kurangi keluhan pegal pada punggung Anda. Walau demikian jika Anda alami nyeri, baiknya kompres dingin terlebih dulu untuk meredakan peradangan yang mungkin saja berlangsung pada punggung Anda.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment