Manfaat Bunga Teratai Sebagai Obat Tradisional


Ajaibnya, nyaris semua sisi dari tanaman teratai ini dapat dipakai juga sebagai obat herbal. Dari mulai umbi, daun, bunga sampai bijinya. Pasti bukanlah tanpa ada argumen, lantaran pada tanaman teratai ini terdapat sebagian senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya protein, lemak, karbohidrat, karoten, asam nikotinat, vitamin B1, B7, serta C. Ada pula kandungan kalsium, fosfor, serta zat besi yang ada pada bijinya.

Faedah Bunga Teratai Juga sebagai Obat Tradisional 


Bunga TerataiBerikut ini misal pemakaian bunga teratai untuk penyembuhan tradisional yang diwariskan oleh beberapa leluhur.

1. Batuk darah, muntah darah 
Rimpang teratai dicuci bersih, lalu di buat juice. Buat sampai satu gelas ukuran 200 cc. Minum ramuan juice rimpang teratai itu dengan cara teratur sehari-hari sepanjang 3-5 hari.

2. Muntah, diare 
Ambillah 50 gr rimpang teratai serta 10 gr jahe, bersihkan bersih lalu keduanya dijus atau diparut untuk di ambil airnya. Sesudah didapat airnya, minum satu hari 3 kali.

3. Obat Disentri 
50 gr rimpang teratai serta 10 gr jahe diparut lalu di ambil airnya. Imbuhkan air 100 cc lalu dimasak sampai mendidih. Sesudah dingin, imbuhkan 1 sendok makan madu, aduk rata lalu diminum sekalian.

4. Keluar darah dari hidung (mimisan) 
Ambillah akar teratai seperlunya lalu dijus. Peras airnya, lalu teteskan ke lubang hidung.

5. Turunkan darah tinggi 
Rebus 10 gr biji teratai serta 15 gr tunas teratai dengan 350 cc air bersih sampai tersisa 200 cc saja. Minum air rebusan itu sehari-hari seperti minum teh.

6. Menangani Insomnia 
Siapkan 5—12 g biji teratai, rendam, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai jadi 1 gelas. Sesudah agak dingin, minum airnya serta bijinya dikonsumsi. Kerjakan penyembuhan ini dengan cara teratur sampai ada pergantian.

7. Panas dalam, gondokan, penyakit jantung serta liver 
Bersihkan bersih 100 gr rimpang teratai serta 50 gr akar alang-alang fresh, lalu dipotong-potong sekedarnya. Rebus seluruhnya dalam 500 cc air bersih sampai airnya tersisa 250 cc. Sesudah dingin airnya disaring serta diminum seperti minum teh.

8. Menangani mata merah, bengkak, capek, iritasi 
Ambillah 3 gr biji teratai serta 9 gr bunga seruni. Kumpulkan dalam kain bersih, lalu kukuslah. Sesudah agak dingin, kompreskan pada mata. Kerjakan 2 kali satu hari setiap pagi serta malam hari.

9. Menangani depresi, stres 
Ambillah 20 butir biji teratai, 15 g biji kelengkeng, 10 butir angco, serta 10 g kim cim. Rebuslah seluruhnya dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc. Sesudah agak dingin, minum airnya. Biji teratai, angco, serta kim cim yang sudah di rebus dapat dikonsumsi. Kerjakan ini sampai keluhan menyusut.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment