5 Cara Mengobati Luka Bakar


 Untuk Baca Selanjutnya Silahkan Klik Link Dibawah       =========================================  

Risiko mengalami luka bakar bisa terjadi dimana saja. Bisa karena tersiram air panas, terkena cipratan minyak panas, tersengat knalpot panas dan lain sebagainya. Dalam kondisi tidak terlalu parah dengan areal luka bakar yang masih kecil, Anda bisa melakukan pengobatan tanpa pergi ke rumah sakit. Apa saja cara mengobati luka bakar tersebut?

Memakai Kulit Pisang

Kulit pisang selalu dibuang setelah menyantap isinya, karena dianggap tidak bermanfaat lagi. Padahal kulit pisang ini ternyata bisa berguna dalam pengobatan luka bakar ringan. Kulit buah ini bisa diletakkan di atas luka bakar, sehingga derita rasa sakitnya bisa menghilang dengan cepat. Para pakar kesehatan sangat menganjurkan untuk menerapkan cara tersebut. Tujuannya agar luka bakar tidak berubah menjadi berwarna hitam sebagai pertanda semakin parah.

Memakai Minyak Lavender

Lavender merupakan tanaman liar yang hidup subur di daerah semak-semak. Tumbuhan ini biasanya tumbuh bersama rerumputan. Biasanya tumbuhan ini digunakan untuk mengusir nyamuk, sehingga banyak produsen produk pengusir nyamuk memanfaatkan khasiatnya. Tapi ternyata tidak itu saja khasiatnya, karena lavender juga bisa mengobati luka bakar dengan efektif. 

Cara meracik obat ini dengan mencampurkan lidah buaya, lavender dan minyak sampai merata. Setelah itu bisa dioleskan di area luka bakar. Terapkan cara ini sampai rasa sakit pada luka bakar menghilang. Kalau sulit menemukan minyak lavender, Anda bisa menggantinya dengan minyak zaitun. Karena minyak zaitun juga bisa berfungsi efektif dalam mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh luka bakar. Termasuk dalam membantu kesembuhan lukanya lebih cepat.

Menggunakan Lidah Buaya

Tumbuhan ini bisa menjadi luka bakar ringan yang terbukti sangat efektif. Lidah buaya atau aloe vera memang sangat berkhasiat bagi rambut dan kulit. Sehingga sering digunakan dalam perawatan kecantikan tubuh. Cara membuat obat herbal ini adalah dengan menggunakan bagian dalam atau dagingnya yang mirip gel untuk dioleskan pada permukaan luka bakar.

Dalam sekali pengobatan biasanya luka akan masih terlihat basah, jadi harus mengulangi pengolesan hingga luka nampak kering. Tumbuhan lidah buaya ini bisa memberikan manfaat untuk mendinginkan luka dan juga sangat efektif dalam membantu pemulihan kulit yang mengalami luka bakar.

Memakai Madu

Madu dikenal sebagai obat luka bakar sejak zaman dahulu, karena mengandung zat antiseptik. Zat ini sangat bermanfaat dalam menyembuhkan luka bakar yang belum parah. Cara penggunaannya sangat sederhana dengan mengolesi luka bakar dengan madu tanpa tambahan bahan lainnya. Madu akan berkhasiat dalam mengurangi rasa sakit dan menyamarkan bekas luka bakar.

Menggunakan Cuka

Cuka juga bisa membantu dalam menghilangkan rasa sakit akibat luka bakar. Caranya sangat mudah dengan membasahi kain bersih dengan cuka, kemudian menempelkannya pada permukaan luka. Dengan begitu derita rasa sakit bisa berkurang.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment