Cara Memperlancarkan Persalinan


Mendekati saat persalinan, bumil pasti terasa kuatir serta sedikit ketakutan bakal sistem persalinan yang menyakitkan. Dr Ardiansjah Dara, SpOG, dari MRCCC Siloam Semanggi, mengungkap bahwa ketakutan ini karena sebab banyak cerita-cerita yang menakutkan sekitar bersalin, umpamanya perdarahan, bayi sulit keluar, serta lain-lainnya.

 " Walau sebenarnya ketakutan ini cuma bakal mengakibatkan persalinan malah jadi lebih susah. Aspek emosi ibu serta ketakutannya bakal kurangi tenaga dan semangat waktu bersalin, " ungkap pria yang disapa dr Dara ini waktu seminar persalinan di Jakarta, sekian waktu lalu.

Untuk menolong membuat lancar persalinan, dr Dara mempunyai sebagian panduan yang dapat dipraktikkan oleh bumil.

1. Banyak bergerak
Sekalipun perut telah besar serta berat, bukanlah bermakna Anda jadi malas bergerak. Malah waktu kehamilan telah masuk 37 minggu lebih, Anda mesti semakin banyak bergerak, umpamanya jalan-jalan. Saat mendekati kelahiran, bayi bakal bergerak masuk rongga panggul ibu, hingga menyebabkan kontraksi yang cukup kerap waktu pagi serta sore.

 " Ini penyebab, Anda mesti banyak bergerak, untuk mempermudah bayi bergerak bebas sekalian menghimpit rasa sakit yang dirasa ibu. Bila umumnya duduk atau tidur, sakitnya malah merasa, " tuturnya.

2. Sugesti diri sendiri
Tiap-tiap orang mempunyai pengalaman kehamilannya sendiri-sendiri, jadi Anda tidak dapat menyamai seluruhnya kondisinya. Yang berlangsung pada orang lain belum pasti berlangsung pada Anda. Anda harusnya dapat mengetahui jenis kehamilan Anda sendiri. Oleh karenanya, beri sugesti positif pada diri Anda supaya kehamilan jadi lebih mengasyikkan. Anda dapat juga mencari rekan bicara yang positif, umpamanya berhimpun dalam komune bumil, bicara dengan ibu atau kakak wanita, atau mungkin dengan dokter kandungan Anda. Saat ketakutan hilang serta Anda dapat berikan sugesti positif, jadi hormon adrenalin bakal alami penurunan serta otot bakal jadi lebih santai.

3. Terkait seks
Lantaran perut berat serta besar, Anda pasti jadi malas terkait sex. Walau sebenarnya terkait sex waktu hamil sesungguhnya aman dikerjakan, asal tak memakai style yang aneh-aneh. Dr Dara juga mengungkap bahwa terkait sex waktu hamil berguna untuk merangsang keluarnya hormon oksitosin (hormon yang bikin situasi jadi senang). Umumnya, gairah sex waktu hamil ini bakal mencapai puncak waktu trimester ketiga.

 " Sepanjang kehamilan normal, jalinan sex sangatlah dianjurkan. Tetapi, bila punya masalah baiknya tak dikerjakan, terlebih saat bumil alami permasalahan plasenta yang merembes. Ini bakal mengakibatkan permasalahan yang lebih berat, lantaran sperma memiliki kandungan prostaglandin yang dapat tingkatkan kontraksi, " sarannya.

4. Stimulasi puting
Keluarnya hormon oksitosin tidak hanya dapat dirangsang lewat jalinan sex, namun juga lewat stimulasi puting. Stimulasi ini dapat dikerjakan oleh pasangan, atau dikerjakan sendiri. Yang perlu dikerjakan yaitu dengan meraba daerah seputar areola (sisi yang berwarna kecoklatan) sepanjang sebagian menit.

5. Alihkan rasa sakit
 Saat ini telah makin banyak tehnik melahirkan yang dapat kurangi rasa sakit, umpamanya hypnobirthing, water birth, serta yang lain. Pengalihan rasa sakit ini dapat juga dikerjakan dengan melihat tv, dengarkan musik, aromaterapi, makan makanan ringan, serta yang lain.

 " Yang paling utama yaitu bagaimanakah Anda berikan sugesti positif pada diri hingga persalinan lagi lancar. Melahirkan pasti sakit, namun Anda tak perlu membuatnya lebih susah dengan geram-marah, berteriak, atau bahkan juga bete. Ini bakal bikin tenaga Anda habis. Demikian sebaliknya, semestinya Anda gunakan muka senyum sesakit apa pun, lantaran ini bakal menolong Anda lebih tenang, serta kebanyakan orang yang menolong persalinan juga suka, " sarannya.

Sugesti positif serta pengalihan rasa sakit ini bakal menolong Anda menghimpit hormon adrenalin hingga perasaan jadi lebih tenang.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment