Penyebab Radang Tenggorokan Dan Pengobatannya




Radang tenggorokan seringkali disamakan dengan pilek dan strep throat atau infeksi tenggorokan karena kuman dan bisa menimbulkan nyeri serta gatal. Penyakit radang tenggorokan memang disertai gejala mirip pilek. Gejala tersebut, seperti demam, nyeri tubuh ringan, sakit kepala ringan, batuk, bersin dan hidung berlendir. Lalu bagaimana dengan penyebab radang tenggorokan dan pengobatannya yang terbukti efektif?

Penyebab Radang Tenggorokan

Sakit pada tenggorokan seringkali menjadi gejala serangan pilek. Tapi derita berbagai keluhan ini akan membaik dengan sendiri sekitar dua hari. Sedangkan gejala pilek lain, seperti hidung tersumbat dan hidung berlendir akan menyertai radang tenggorokan. Sedangkan strep throat adalah infeksi yang diakibatkan oleh bakteri streptococcus yang bisa juga memicu radang tenggorokan. Tapi penderita strep throat akan merasakan sakit dalam rentang waktu yang lebih lama.

Radang tenggorokan memang bisa diakibatkan oleh serangan bakteri atau virus. Tapi pemicu paling banyak adalah virus. Biasanya  kondisi ini ditandai dengan gejala flu, seperti bersin, mata berair atau merah, batuk dan hidung berlendir. Penyebab lainnya adalah udara kering, alergi, iritasi atau polusi udara dan kebiasaan menghisap rokok.

Pengobatan Radang Tenggorokan

Walaupun belum ditemukan obat khusus untuk penderita radang tenggorokan yang dipicu oleh serangan virus flu, tapi penderita bisa menempuh cara untuk membuatnya lebih nyaman. Caranya dengan berkumur memakai air garam hangat, meminum cairan hangat atau mengkonsumsi obat tertentu yang bisa menghilangkan demam dan rasa nyeri.

Ketika gejala sudah menyerang, sebaiknya beristirahat dengan cukup, konsumsi makanan sehat dan bergizi lengkap, serta meminum lebih banyak cairan. Sejumlah obat yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi derita radang tenggorokan adalah sebagai berikut.
-          Obat penghilang rasa sakit, seperti naproxen, ibuprofen dan acetaminophen. Aspirin juga bisa dikonsumsi, tapi sangat dilarang untuk diberikan kepada anak-anak. Karena berhubungan dengan sindrom Reye yang bisa mengakibatkan gangguan dan memicu kerusakan otak bahkan kematian.
-          Lozenges atau semprotan. Khasiatnya untuk melegakan tenggorokan dan sekaligus menghilangkan rasa nyeri. Sama dengan aspirin, obat ini juga tidak boleh diberikan kepada anak-anak.
-          Spray hidung dekongestan. Tujuannya untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan yang diakibatkan oleh postnasal drip. Kondisi ini merupakan akumulasi dari lendir yang terdapat di tenggorokan dan di belakang hidung. Sebaiknya tidak menggunakan obat ini melebihi tiga hari, karena justru bisa mengingkatkan kemampatan.

Dengan mengetahui penyebab radang tenggorokan, maka Anda akan lebih memahami cara melakukan pencegahan. Tapi kalau sudah terlanjur menderita penyakit ini, maka bisa menerapkan cara pengobatannya yang efektif. Kalau tidak ingin mengkonsumsi obat-obatan kimia, maka bisa mengkonsumsi obat herbal yang beredar luas di pasaran. tapi pastikan kandungan bahan, manfaat dan legalitas produk tersebut.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment