7 Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan



Bunga kamboja (Plumeria rubra L. cv. Acutifolia.) adalah tanaman yang datang dari daerah Amerika tropik serta Afrika. Kamboja termasuk juga tanaman hias yang ditanam di pekarangan rumah ataupun didalam pot.

Kamboja mempunyai sebagian type, ada yang kerdil ada pula yang besar yang dapat meraih tinggi sebagian mtr.. Kamboja yang besar umum ditanam ditempat pemakaman.

Terkecuali ukuran pohonnya, type pohon kamboja dapat juga dibedakan dari daunnya. Ada pohon kamboja yang daunnya lebar dengan ujung lancip, ada kamboja yang daunnya kecil serta lonjong dengan ujung tumpul.

Kembang bunga kamboja mempunyai aneka warna, mulai dari putih, kuning, merah serta merah muda atau gabungan dari beberapa warna itu.

Sama dengan tanaman hias yang lain, umpamanya bunga melati serta bunga kenanga, bunga pohon kamboja juga menebarkan wangi yang khas.

Terkecuali berguna juga sebagai tanaman hias, bunga kamboja juga kerap dipakai juga sebagai obat tradisional untuk menangani sebagian penyakit. Salah satunya bisul, kencing nanah (Gonorrhea), bengkak, kutil, kapalan, menghaluskan kulit serta frambusia.

Sisi tanaman yang dipakai juga sebagai obat yaitu akar, daun, getah, dan kulit pohonnya. Getah Pohon Kamboja (Plumeria acuminata) memiliki kandungan senyawa sejenis karet, triterpenoid amyrin, lupeol, kautscuk serta damar.

Kandungan minyak mrnguapnya terbagi dalam geraniol, sitronellol, linallol, farnesol serta fenetilalkohol.

Di bawah ini sebagian misal langkah penyembuhan memakai bunga kamboja. 

1. Menyembuhkan Bisul 
Untuk menyembuhkan bisul dengan bunga kamboja, dapat dikerjakan dengan dua langkah. Langkah pertama memakai daun kamboja serta minyak kelapa.

Daun kamboja dilemaskan serta diolesi dengan minyak kelapa, lalu ditempelkan di bagian badan yang ditumbuhi bisul. Sesudah kering ubah dengan daun yang lain.

Langkah ke-2, memakai getah pohon kamboja. Ambillah getah kamboja segera dari pohonnya serta dioles-oleskan di bagian badan yang ditumbuhi bisul.

2. Menangani Bengkak 
Langkah menyembuhkan sisi badan yang bengkak yaitu dengan kulit pohon kamboja. Langkahnya, ambillah 1 sirap kulit pohon kamboja lalu ditumbuk sampai halus.

Rebus dengan 1/2 cerek air sampai mendidih. Air itu dipakai untuk merendam sisi badan yang bengkak bila sangat mungkin. Bila tak, pakai untuk mengompres.

3. Patek, Puru (Frambusia) 
Langkahnya, ambillah 2 Sirap kulit kamboja, lalu ditumbuk halus serta di rebus dengan 1 cerek air hingga mendidih. Air itu dipakai untuk mandi serta menggosok-gosok sisi badan yang luka.

4. Kencing Nanah (Gonorrhea) 
Bersihkan bersih 1 potong akar pohon kamboja, kemduian di rebus dengan dua gelas air sampai mendidih serta tersisa 1 gelas. Air ramuan itu diminum satu kali satu hari sejumlah 1 cangkir.

5. Menyembuhkan Sakit Gigi Berlubang 
Untuk menyembuhkan sait gigi disebabkan gigi berlubang, langkahnya gampang. Ambillah getah pohon kamboja memakai kapas, lalu kapas itu digunakan untuk mencocok gigi yang berlubang.

6. Menyingkirkan Tahi Lalat 
Tahi lalat dapat menaikkan kecantikan muka seorang, tetapi dapat juga mengganggu. Bila anda mempunyai tahi lalat yang mengganggu, dapat di hilangkan dengan memakai getah pohon kamboja.

Langkahnya, ambillah getah kamboja memakai kapas, lalu tempelkan pada tahi lalat. Kerjakan dengan cara teratur hingga tahi lalat hilang dengan sendirinya.

7. Menyingkirkan kutil 
Langkahnya sama juga dengan menyingkirkan tahi lalat, yakni memakai getah kamboja. Tetapi mesti siaga lantaran getah kamboja sifatnya tajam, jadi jangan sempat terserang sisi badan yang yang lain.
Bunga kamboja memanglah kaya kandungan emolien serta vitamin E.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment