Penyakit Tipes



Penyakit tifus dikarenakan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi yang datang dari makanan atau minuman yang telah terkontaminasi bakteri itu dari kotoran orang yang pada awal mulanya terserang tifus. Karena itu penyakit ini dapat menular, karenanya untuk orang yang terserang tifus bila habis BAB mesti membersihkan tangan sampai bersih.

Penyakit Jeniss
Ketahui tanda-tanda tifus dengan baik, bila demamnya hingga 5-6 hari hilang muncul jadi kemungkinan pasien terjangkit tifus. Namun bila tak demam, atau demamnya turun sesudah tiga hari, ada kemungkinan pasien tak terjangkit tifus. Terdapat beberapa penyakit infeksi lain yang dibarengi demam. Terlebih pada hari-hari pertama demam, susah agar bisa memastikannya juga sebagai demam tifoid. Tanda-tanda demam juga ada pada penyakit lain seperti demam berdarah dengue, morbili, dsb.

Terkecuali demam, sakit perut juga adalah salah satu tanda-tanda tifus. Tetapi sakit perut ini tidak sama letaknya dengan sakit perut yang disebabkan oleh penyakit maag. Untuk lebih detilnya silakan simak gejala-gejala penyakit tifus di bawah ini :

1. Sakit perut, mual serta muntah 

Orang yang menanggung derita tifus umumnya bakal alami sakit perut di samping kiri, dimana ada usus 12 jari yang alami infeksi. Sedang penyakit maag, rasa sakit merasa di perut sisi atas atau ulu hati.

2. Pergantian pola BAB 

Pada orang tifus bakal dibarengi dengan pergantian pola BAB (buang air besar), umpamanya bertukaran dapat alami diare saja atau malah jadi tak dapat buang air besar.

3. Demam atau tubuh panas 

Penyakit tifus umumnya dibarengi dengan demam atau tubuh panas sepanjang sekian hari. Suhu badan dapat jadi sangatlah tinggi sampai 40 derajat celsius, dibarengi dengan sakit kepala, lemas serta lemah.

4. Denyut nadi melambat 

Biasanya bila orang panas jadi denyut jantungnya bakal bertambah sebesar 10 % setiap saat berlangsung kenaikan suhu badan sebesar 1 derajat celsius, namun tak perihal untuk demam tifus. Pada orang yang terkena tifus denyut nadinya malah melambat. Hal semacam ini lantaran ada ada racun (toksin) dari kuman tifus yang mengakibatkan reaksi itu.

5. Lidah berwarna putih 

Pada orang tifus lidah sisi tengah bakal berwarna putih serta pinggir-pinggirnya berwarna merah, dan bila ia menjulurkan lidahnya bakal berlangsung tremor (lidahnya gemetar).

Ke lima sinyal diatas adalah tanda-tanda tanda-tanda tifus yang khas, yang dapat jadi pembeda dengan tanda-tanda penyakit yang lain.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment