Manfaat Serai Untuk Kesehatan



serai mempunyai bau yang harum serta mempunyai kandungan yang berguna untuk kesehatan. Lantaran keharumannya, serai jadikan bahan baku untuk bikin sabun, lotion atau minyak. Terkecuali digunakan keharumannya, serai berguna juga untuk mengobati penyakit. Anda bisa bikin sendiri serai juga sebagai obat tradisional seperti juga sebagai obat batuk, obat sakit gigi, obat maag atau obat keseleo dengan resep tersebut.
Serai memliki kandungan antibakteri serta antimikroba hingga sangatlah baik untuk menghindar infeksi. Diluar itu, ada kandungan senyawa analgesik yang bermanfaat untuk meredakan rasa sakit disebabkan sakit kepala, nyeri pada otot serta sendi. Faedah lainnya dari serai yaitu bisa dipakai untuk turunkan panas, meluruhkan dahak, menyembuhkan batuk, obat kumur serta penghangat tubuh.

Manfaat Serai 
Bila mau coba sendiri manfaat dari serai, silakan praktekan resep di bawah ini.

Obat Batuk
Bila batuk Anda tak kunjung sembuh, Anda bisa coba resep dengan bahan serai untuk menyembuhkannya.
Resep I :

Rebus 50 gr daun serai kering dalam 2 gelas air. Rebus hingga air berkurang sampai 1/2 gelas. Minum 3 kali satu hari untuk mengusir batuk.
Resep II :

Ambillah akar serai sejumlah 5 gr. Bersihkan sampai bersih lalu rebus dengan 1 gelas air sepanjang 15 menit. Untuk 2 hasil rebusan untuk diminum saat pagi serta sore hari.

Obat Sakit Gigi 
Resep :

40 gr daun serai fresh di rebus dalam 2 gelas air hingga air tinggal ½ gelas. Pakai air rebusan itu juga sebagai obat kumur untuk menangani sakit gigi.

Obat Keseleo atau Terkilir 
Resep :

2 batang serai, 3 buah kemiri serta sedikit air ditumbuk. Panaskan di atas api. Sesudah cukup panas, letakkan di bagian yang terkilir.

Obat Sakit Maag
Resep :

40 gr serai fresh rebus dalam 2 gelas air serta biarlah hingga air tersisa ½ gelas. Minum 2 kali satu hari untuk memperoleh khasiatnya.

Obat Pengusir Nyamuk 
Resep :

Tempatkan daun serai beserta minyak zaitun dalam wadah aromaterapi. Nyalakan lilin yang ada dibawah wadah aromaterapi. Api yang menyala bakal bikin wangi daun serai menebar. Wangi ini tak disenangi nyamuk, hingga berguna untuk mengusir nyamuk.

Menyingkirkan Nyeri serta Penghangat Badan 
Resep :

Anda bisa memoleskan minyak serai pada badan untuk meredakan rasa nyeri sendi, pegal otot atau sakit kepala. Minyak serai yang diborehkan bakal memberi rasa hangat pada badan dan kandungan analgesik yang bermanfaat kurangi rasa nyeri. Minyak serai bisa dibeli pada apotik atau toko obat.

Cermati Hal Tersebut waktu Memakai Serai 
Minyak serai merasa sangatlah panas, Oleh karenanya, baiknya minyak serai tak dipakai dengan cara segera lantaran pada sebagian orang, minyak serai bisa menyebabkan iritasi pada kulit, terutama bila kulit Anda termasuk kulit peka. Untuk mengakalinya, Anda bisa menaikkanakan minyak pelarut saat sebelum dipakai pada kulit supaya minyak yang digunakan tak terlampau pekat. Olehkan dahulu pada ruang kecil kulit serta saksikan apakah kulit alami iritasi atau tak. Minyak serai juga tak dianjurkan dipakai pada wanita hamil lantaran bisa tingkatkan denyut jantung terlalu berlebih.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment