6 Tips Mengatasi Keputihan



Untuk Baca Selanjutnya Silahkan Klik Link Dibawah   
=========================================   

Keputihan adalah keluhan wanita yang seringkali menyerang. Bau tidak sedap, rasa gatal dan cairan yang mengganggu benar-benar membuat tidak nyaman. Menjaga kesehatan dan kebersihan organ intim harus diperhatikan, agar deritanya tidak dirasakan. Kalau dibiarkan tanpa penanganan tepat dan cepat, bisa saja berkembang menjadi kanker serviks. Apa saja tips mengatasi keputihan yang bisa diterapkan?

1.      Memakai Pembalut Yang Sesuai
Pembalut biasa diandalkan wanita saat mengalami menstruasi. Sehingga darah yang keluar dari siklus rutin ini bisa terserap dengan baik dan tidak menimbulkan kebocoran pada pakaian. Sayangnya salah dalam pemilihan pembalut, berdampak buruk dalam memicu serangan keputihan. Sebaiknya memakai pembalut yang bantalannya sangat berkualitas dan  berbahan herbal. Jangan lupa untuk mengganti pembalut, setidaknya dalam empat jam sekali dalam sehari.

2.      Menjaga Kelembaban Organ Intim
Keputihan bisa dicegah sejak dini dengan menjaga kelembaban organ intim. Derajat keasaman yang tepat adalah 3,5. Timbulnya bau tidak sedap dan perubahan warna pada cairan keputihan bisa diakibatkan oleh tingkat keasaman yang terlalu tinggi. Kalau kondisi ini dibiarkan tanpa penanganan tepat, maka bisa memicu rasa nyeri pada organ intim. Sebagai cara menjaga kelembabannya adalah menghindari penggunaan obat semprot air dalam membersihkan organ kewanitaan. Karena bisa mengakibatkan gangguan keseimbangan pH di vagina. Selain itu, juga bisa memperbesar risiko iritasi.

3.      Membersihkan Organ Intim Dengan Tepat
Selain menjaga kelembaban organ intim, sangat penting juga untuk selalu menjaga kebersihan dari organ intim. Saat membersihkannya pastikan dari arah depan ke belakang, bukan arah sebaliknya. Dengan cara yang tepat ini bisa mencegah kuman yang berada di anus pindah ke organ intim.

4.      Memakai Daun Sirih
Batlephenol dan kavinol terkandung di dalam daun sirih. Keduanya memiliki khasiat sebagai anti jamur, antioksidan dan membunuh kuman. Sehingga daun ini sudah digunakan sejak dulu untuk mengatasi keluhan keputihan. Untuk membuatnya bisa menggunakan 10  lembar daun sirih yang direbus menggunakan air sebanyak dua liter. Setelah mendidih kemudian didinginkan dan digunakan untuk  membasuh organ intim.

5.      Mengkonsumsi Bawang Putih
bawang putih mengandung sifat anti virus, anti jamur dan anti bakteri. Sehingga kalau Anda sering mengkonsumsi bawang putih bisa mengatasi serangan berbagai virus, bakteri dan jamur penyebab keputihan. Dengan begitu serangan keluhan keputihan bisa dicegah dengan baik.

6.      Olahraga Dengan Teratur
Olahraga dianjurkan dilakukan dengan rutin untuk menyegarkan tubuh dan menghindari kondisi stres. Dalam seminggu, minimal melakukan dua kali aktivitas olahraga. Perhatikan juga pola asupan makanannya, pastinya gizinya seimbang dan menyehatkan tubuh. Konsumsi yogurt atau susu sangat dianjurkan, karena bisa menjaga keseimbangan populasi bakteri candida yang bisa mencegah serangan bakteri penyebab keputihan.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment