Menaruh ASI Yang Baik Dan Benar



Seluruhnya ibu di semua dunia pasti mau menyusui anaknya dengan ASI paling baik. Beberapa ibu terasa mujur bila sesudah melahirkan ASI bisa keluar dengan lancar. Tetapi untuk Anda beberapa wanita karir yang pasti bakal terasa kesusahan untuk memberi ASI pada anak Anda. Lantas, apa yang perlu ibu kerjakan?

Saat ini, beberapa ibu menyusui tak perlu cemas lagi lantaran Anda bisa memerah ASI, menaruh ASI itu lewat cara yang baik serta benar serta setelah itu diberikan pada bayi pada waktu-waktu spesifik di mana ibu tak sangat mungkin untuk menyusui buah hatinya dengan cara segera.

Demikian banyak kandungan nutrisi serta nilai gizi pada ASI, jadi sangat bijak bila ibu tahu bagaimana caranya yang benar menaruh ASI supaya terus aman diminum bayi tanpa ada takut terkontaminasi oleh bakteri.

Langkah Penyimpanan ASI 

1. Langkah Menaruh ASI di Dalam Botol 

Hal yang butuh ibu kerjakan untuk menaruh ASI dalam botol sudah pasti mempersiapkan botol penyimpanan ASI. Botol yang dipakai bisa berbentuk botol plastik ataupun botol kaca. Tetapi, baiknya ibu memakai botol kaca hingga bekas ASI akan tidak melekat di dinding-dinding botol. Manfaatkanlah botol dengan volume 60-120 ml supaya ASI dapat dikonsumsi sekali minum saja. Isilah botol ASI dengan volume optimal ¾ botol lalu tutup botol dengan rapat. Janganlah lupa untuk memberi label nama, tanggal serta jam waktu memerah ASI.

2. Langkah Menaruh ASI di Kulkas 

ASI yang telah diperah supaya lebih awet bisa disimpan ke kulkas. Jika ibu memiliki sebagian stock ASI didalam kulkas jadi alangkah lebih sebaiknya bila pengaturan letak botol dengan cara berurutan sesuai sama jam serta tanggal memerah ASI atau dapat dengan juga system first in first out, yakni ASI yang telah terlebih dulu diperah yaitu ASI yang perlu terlebih dulu dikonsumsi bayi. Jadi ASI yang telah lebih dahulu diperah tempatkanlah ditempat yang paling luar hingga gampang untuk dijangkau.

3. Langkah Menaruh ASI di Cooler Bag 

Siapkan ASI yang telah ibu perah ke botol kaca. Masukkan ice gel cooler bag ke freezer. Untuk pemakaian awal, bekukan ice gel sepanjang 24 jam. Sedang untuk step setelah itu ibu cukup lakukan pembekuan ice gel sepanjang kurang dari 8 jam saja. Masukkan ice gel yang sudah dibekukan itu ke cooler bag. Kemudian, masukkan perahan ASI yang sudah dikemas ke cooler bag. Tutuplah cooler bag dengan rapat hingga suhu didalamnya dapat maksimal.

Tersebut cara-cara menaruh ASI dengan baik serta benar. Utama untuk ibu untuk tahu beberapa cara itu untuk menjaga kwalitas ASI untuk mensupport tumbuh kembang bayi terkasih. Semoga berguna.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment