Cara Mengobati Bronkitis Akut Dan Kronis



Untuk Baca Selanjutnya Silahkan Klik Link Dibawah     
=========================================     

Pemeriksaan fisik dan gejala yang muncul bisa menjadi diagnosa terhadap serangan bronkitis. Stetoskop biasanya digunakan untuk mendengarkan suara di saluran pernafasan yang menyertai bronkitis akut. Kalau bronkitis kronis, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan X-ray. Agar kerusakan paru-paru bisa diperiksa. Pengukuran kinerja paru-paru  dan kadar oksigen di dalam darah juga dilakukan. Supaya derita sakit ini bisa disembuhkan, apa saja cara mengobati bronkitis?

Cara Mengobati Bronkitis Akut

Pengobatan yang biasanya diterapkan untuk penderita bronkitis akut hanya akan dilakukan tindakan sederhana. Seperti mengkonsumsi obat batuk, menghindari asap rokok dan kendaraan, meningkatkan asupan cairan dan banyak beristirahat. Jika menderita bronkitis kronis, biasanya digunakan steroid oral guna mengurangi peradangan. Pemberian oksigen tambahan terkadang juga diperlukan.

Kalau penderita bronkitis, organ paru-parunya normal dan tidak mengalami permasalahan kesehatan kronis, tidak dibutuhkan obat antibiotik. Sebagian besar pemicu bronkitis adalah virus, jadi pemakaian obat antibiotik secara umum tidak akan memberikan pengaruh. Batuk berdahak bisa saja karena menderita bronkitis akut. Kondisi ini adalah cara tubuh dalam menghilangkan kelebihan lendir. Tapi kalau batuk sangat mengganggu, sehingga kualitas tidur berkurang, batuk sangat kuat dan menyakitkan, serta berlangsung hingga tiga minggu mengkonsumsi obat batuk yang tepat harus segera dilakukan.

Cara Mengobati Bronkitis Kronis

Penderita bronkitis kronis, organ paru-parunya sangat rentan terhadap serangan infeksi. Dalam kondisi ini penderita harus diberikan vaksinasi pnemonia dan suntuk flu tahunan. Satu dosis vaksin ini bisa menjadi perlindungan sampai usia 65 tahun. Kecuali kalau penderita mempunyai permasalahan medis lainnya. Terapkan cara tersebut, tapi kalau dokter melarangnya sebaiknya jangan diterapkan.

Sangat disarankan untuk tidak sembarangan mengkonsumsi obat batuk yang dijual bebas di pasaran. Karena belum tentu cocok untuk penyakit bronkitis kronis yang diderita. Kecuali kalau memang mendapatkan rekomendasi dari dokter. Sama seperti pada kasus bronkitis akut, batu produktif yang berhubungan dengan bronkitis kronis sebenarnya sangat membantu untuk pembersihan paru-paru dari adanya lendir berlebihan. Kalau lendir sangat sulit dikeluarkan, maka dokter biasanya memberikan ekspektoran. Tapi kalau lendir mengalami peningkatan ketebalan atau volume dahak semakin besar, maka bisa jadi sudah terkena infeksi.

Kalau sudah terjadi infeksi, dokter biasanya akan memberikan resep obat antibiotik spektrum luas, guna perlawanan terhadap bakteri. Kalau penderita berat badannya berlebihan, maka sangat disarankan untuk menjalani program diet. Dengan begitu kinerja jantung tidak terlalu berat.

Kalau penderita memiliki kebiasaan buruk seperti merokok, maka sangat diwajibkan untuk menghentikan kebiasaan ini. Karena dari penelitian ilmiah sangat terbukti, kalau berhenti merokok bisa mengurangi tingkat keparahan bronkitis. Meskipun penyakit ini sudah pada tingkat stadium lanjut. Tidak hanya itu, usia harapan hidup juga semakin bertambah.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment