Cara Mengobati Malaria Dan Pencegahannya





Untuk Baca Selanjutnya Silahkan Klik Link Dibawah  
=========================================  

Penyakit malaria biasanya mewabah di kawasan tertentu, sehingga kalau Anda akan mengunjunginya pastikan sudah meminum obat antimalaria. Obat ini bisa berperan dalam pencegahan sekaligus untuk pengobatan. Sehingga risiko serangan malaria bisa dicegah dan diobati kalau sudah mengidapnya. Apa saja cara mengobati malaria yang bisa diterapkan.

Obat Pencegah Infeksi Malaria

Sejumlah obat berikut ini sangat disarankan dokter, sebelum Anda melakukan perjalanan menuju kawasan tertentu yang sedang diserang wabah malaria. Apa saja obat yang  bisa diandalkan?

-          Malarone. Obat ini perpaduan antara 2 obat antimalaria, yakni proguanil dan atovaquone. Malarone dimanfaatkan guna pencegahan serangan malaria yang disebabkan oleh parasit falciparum.

-          Chloroquine. Obat ini bisa dimanfaatkan guna pencegahan infeksi malaria yang disebabkan oleh parasit vivax dan parasit falciparum.

-          Mefloquine. Obat ini bisa dimanfaatkan dalam pencegahan infeksi malaria. Kecuali bagi parasit malaria di kawasan yang resisten terhadap obat ini. jangan mengkonsumsi obat Mefloquine, kalau mempunyai riwayat permasalahan denyut jantung, kejang, penyakit jiwa dan depresi.

-          Doxycycline. Obat ini bisa dikonsumsi kalau seseorang juga bisa memakai obat Mefloquine. Bagi anak yang belum berusia 9 tahun dan ibu hamil dilarang mengkonsumsi obat ini.

-          Primaquine. Obat ini dimanfaatkan guna pencegahan dari kekambuhan karena infeksi malaria karena parasit ovale dan parasit vivax. Sebelum konsumsi obat ini, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter.

Obat Untuk Pengobatan Infeksi Malaria

Sebagai pengobatan infeksi malaria ini, terdapat sejumlah obat-obatan yang bisa diandalkan. Berikut ini sejumlah pilihannya.

-          Chloroquine. Bisa dikatakan obat ini yang paling efektif dalam mengatasi serangan infeksi malaria yang diakibatkan oleh parasit malariae dan parasit ovale. Sebagai pencegahan kekambuhan infeksi yang diakibatkan oleh kedua parasit tersebut, sangat disarankan untuk terus meminum obat ini setelah pergi dari kawasan yang mewabah malaria. Obat ini juga bisa digunakan untuk membasmi malaria yang disebabkan oleh parasit vivax dan parasit falciparum. Dengan catatan daerah tersebut belum resisten terhadap pemakaian Chloroquine.

-          Coartem. Obat ini merupakan perpaduan dari dua obat, yakni lumefantrine dan artemeter. Coartem lebih dimanfaatkan untuk pengobatan serangan malaria yang diakibatkan paparan parasit palciparum.

Dengan menerapkan cara pencegahan sekaligus pengobatan ini, maka penderita malaria akan semakin tenang. Karena penyakit yang dideritanya mendapatkan penanganan yang cepat, agar lebih segera disembuhkan. Tentunya untuk penggunaan berbagai obat-obatan di atas yang terpenting adalah selalu melakukan pemeriksaan pada dokter. Sehingga bisa mendapatkan penanganan dan pengobatan yang paling tepat.

Untuk pencegahan tentunya sangat penting, daripada harus mengobati yang tentunya akan lebih sulit. Jangan juga menunda pengobatan, kalau gejala serangan malaria sudah Anda rasakan. Karena bisa sangat berbahaya dan berujung pada kematian.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment