Melatih Tumbuh Kembang Bayi 1 - 6 Bulan



Tak disangkal, hadirnya seseorang bayi ditengah-tengah keluarga kita adalah anugerah paling baik yang di berikanlah oleh Tuhan. Dari saat ke saat kita juga sebagai orangtua senantiasa mengidamkan serta lihat ia tumbuh dengan baik. Nah.. untuk anda beberapa bunda atau bapak yang telah tak sabar menanti si kecil untuk tumbuh besar, anda dapat membaca penjelasan berikut ini untuk melatih tumbuh kembangnya dengan cara optimal dari saat ke saat :

Bln. ke-1 
Menggunakan banyak saat berbarengan bayi anda serta lebih dekat dengannya terlebih masalah jarak. bakal mempermudah bayi untuk konsentrasi serta mengetahui muka anda. Terlebih, saat bayi tak dalam situasi tidur, sering-seringlah mendekatkan muka anda ke berwajah, atau letakkan muka anda kemana bayi melihat. Hal semacam ini dikerjakan lantaran bayi yang baru berumur 1 bln. umumnya belum mempunyai pandangan serta konsentrasi yang pasti.

Bln. ke-2 
Pada umur 2 bln. anda dapat menolong bayi untuk bergerak serta lihat dengan memberi tepuk tangan atau mungkin dengan menyanyikan lagu-lagu spesifik. Seiring berjalannya waktu bayi bakal coba mengikuti gerakan serta nada anda. Dengan demikian koordinasi pada bhs, tangan, serta mata bayi bakal berkembang. Bukan sekedar itu, bayi akan mengikuti apa yang anda kerjakan. Umpamanya, seperti tersenyum, buka mulut lebar-lebar, dan bicara pas di depan berwajah.

Dalam sebagian bln. kedepan bayi bakal selekasnya menirukan apa yang kerap anda contohkan.

Bln. ke-3 
Waktu bayi berumur 3 bln., bayi bakal mulai memain-mainkan tangannya dan berupaya untuk mengkoordinasikan dengan matanya. Anda bisa menolong tumbuh kembang bayi dengan memberinya mainan kerincingan, atau mainan yang mempunyai beberapa warna cerah. Hal semacam ini bakal menolong otak bayi dalam mengetahui serta mengerti suatu hal. Umumnya bayi akan nikmati saat mengangkat kepalanya atau saat bayi mendorong memakai perutnya. Bukan sekedar itu anda dapat juga memberi mereka cermin untuk menginspirasinya, supaya dia sukai mengangkat kepalanya serta lihat mata yang berbalik menatapnya.

Bln. ke-4 
Pada umur 4 bln. bayi mulai berlatih dalam bersosialisasi, dan ketrampilan berbahasanya. Pada umur ini bayi mulai dapat tunjukkan emosi, mengoceh, atau ekspresi senang. Diluar itu pada umur ini bayi dapat juga geram serta rasakan geli. Tak yakin? cobalah saja gelitikin, bayi bakal memberi refleks saat terasa digelitikin.

Bln. ke-5 
Pada umur 5 bln. mata serta telinga bayi mulai bekerja dengan optimal. Pada umur ini bayi bakal seringkali mengoceh. Coba bicara serta mengulangi kalimat yang sama untuk melatihnya berkomunikasi. Ulangilah selalu kalimat yang mau anda dengar dari mulutnya atau katakan beberapa nama benda yang ada di sekelilingnya. Ini yaitu salah satu langkah untuk membantunya dalam bicara.

Bln. ke-6 
Pada umur 6 bln. umumnya bayi bakal mulai belajar keseimbangan, satu diantaranya yaitu dengan belajar duduk serta merangkak. Langkah melatih bayi yang mulai belajar duduk serta merangkak yaitu dengan meletakkan sebagian mainan di sekelilingnya. Diluar itu anda dapat menghindari jarak mainan-mainan yang dia gemari supaya bayi terdorong untuk mencapai serta menjangkaunya. Pada umur ini, bayi juga umumnya bakal sangatlah sukai memasukkan apa pun ke mulutnya. Yakinkan untuk memberi bayi mainan yang mempunyai dimensi kian lebih 4 cm serta mempunyai label aman.

Bunda dapat mempraktekkan kegiatan-kegiatan di atas sesuai sama kemapuan sang bayi. Ingat bunda.. tak seluruhnya bayi sama, anda tak perlu cemas bila bayi anda belum mempunyai kekuatan seperti umumnya bayi tumbuh sesuai sama usianya. Berilah senantiasa kasih sayang paling baik untuk buah hati anda.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment